YMH Sul-Sel Kerjasama dengan RS. Dobo Cenderawasih Kab. Kepulauan Aru Lakukan Perhitungan Unit Cost

SHARE

Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cendrawasih Dobo menggelar pendampingan hasil perhitungan analisis unit cost di Auditorium RSUD Cendrawasih Dobo, 8-10 November 2021. Kegiatan ini di buka oleh Direktur RSUD Cendrawasih Dobo, yang diwakili Sekretaris, Jhon Tiven. Kata dia, pendampingan unit cost sangat relevan karena standar pembiayaan yang digunakan masih mengikuti rujukan dari rumah sakit lain yang sejenis. “Padahal, faktanya kapasitas dan kebutuhan rumah sakit berbeda,” papar Jhon, Senin (8/11).

Terpisah, Ketua Tim Konsultan Yayasan Mitra Husada Sulsel, Prof. Dr. Arlin Adam, SKM, M.Si mengungkapkan di awal pemaparan hasil bahwa analisis unit cost bukan hanya bertujuan menentukan tarif rasional, akan tetapi sangat berguna secara internal. Utamanya, dalam proses perencanaan dan penganggaran, evaluasi kinerja kegiatan, menilai efisiensi pembiayaan. Kemudian, secara eksternal dapat digunakan sebagai alat negosiasi untuk mendapatkan dukungan pembiayaan rumah sakit dari luar. “Khususnya dukungan subsidi dan jaminan dari pemerintah daerah sebagai pemilik dalam konteks rumah sakit yang menganut pola pelayanan BLU,” ucapnya.

Kegiatan pemaparan ini merupakan kegiatan tahap kedua pendampingan setelah dua bulan sebelumnya dilakukan pengambilan data dasar pada tahap pertama. Pada pemaparan kali ini dihadiri oleh seluruh struktur manajemen rumah sakit dan dokter spesialis serta seluruh kepala ruangan pelayanan. Para peserta berkesempatan untuk mengvalidasi secara langsung hasil-hasil analisis unit cost yang di paparkan oleh salah satu anggota tim Bapak Munadhir yang juga sekaligus ahli ekonomi kesehatan.

Beberapa data yang dikoreksi oleh peserta selanjutnya di validasi kembali untuk memperoleh hasil dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi. Yang menarik dalam pemaparan hasil ditemukannya bagian-bagian yang memerlukan tindakan perbaikan oleh manajemen RUSD Cendrawasih Dobo sebagai upaya peningkatan mutu layanan rumah sakit secara berkelanjutan dan berdaya saing. Seluruh proses pendampingan berjalan lancar karena tim secara aktif di dampingi oleh Kasubag perencanaan RSUD Cendrawasih Dobo, Jusman, SKM. “Kita berharap kemampuan analisis unit cost dapat di transfer kepada Subbag Perencanaan agar kami dapat melakukan analisis unit cost secara mandiri minimal satu kali dalam dua tahun,” ungkapnya.

Tim Konsultan YMH yang lainnya, yakni Andi Alim ahli sosiologi kesehatan, Muhammad Azwar ahli analisis data, Ismail ahli manajemen rumah sakit. Di akhir pendampingan tim melaporkan hasil dan rekomendasi secara langsung ke dr. Wati Gunawan sebagai Direktur RSUD Cendrawasih Dobo.

Liputan berita : https://rakyatsulsel.co/2021/11/08/pendampingan-analisis-unit-cost-bukti-komitmen-mutu-rsud-cendrawasih-dobo/

Kegiatan ini diliput juga : 

https://www.wartapembaruan.co.id/2021/11/pendampingan-analisis-unit-cost-bukti.html

https://sketsindonews.com/pendampingan-analisis-unit-cost-bukti-komitmen-mutu-rsud-cendrawasih-dobo/

https://www.simpulrakyat.co.id/2021/11/pendampingan-analisis-unit-cost-bukti-komitmen-mutu-rusd-cendrawasih-dobo.html

https://rakyat.news/read/16782/direktur-rsud-cendrawasih-dobo-maluku-respon-cepat-hasil-perhitungan-unit-cost/

https://bimata.id/2021/11/direktur-rsud-cendrawasih-dobo-maluku-merespon-cepat-hasil-perhitungan-unit-cost/

https://rakyatsulsel.co/2021/11/10/direktur-rsud-cendrawasih-dobo-maluku-merespon-cepat-hasil-perhitungan-unit-cost/